ADITYA KUSUMA DEWI

Rabu, 12 Januari 2011

Manfaat Madu

Manfaat Madu

Madu memiliki zat alami yang berfungsi melembapkan kulit. Selain itu madu berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri. Kandungan antimicrobial dalam madu membuatnya bermanfaat untuk perawatan jerawat ringan, karena kandungan pelembap dalam madu tak membuat kulit menjadi kering. Madu juga digunakan dalam pembuatan AHAs yang merupakan kandungan penting yang ada pada krim kulit dan pelembap karena berfungsi untuk pengelupasan kulit. Nah, ternyata khasiat madu tak hanya sampai disitu. Madu juga bermanfaat untuk hal-hal dibawah ini.




1. Menyejukkan kulit bagi kulit yang berjerawat. Campurkan saja setengah cangkir air hangat dengan 1/4 sendok teh garam. Gunakan cotton bud untuk oles langsung ke bagian yang berjerawat, lalu ambil kapas dan oleskan madu bada bagian tersebut. Biarkan 10 menit, lalu basuhlah dengan air.


2. Mengencangkan wajah. Sangat efektif untuk menghambat penuaan dini dan mencegah keriput, fungsinya dalam hal ini sama dengan buah strawberry. Oleskan madu murni pada wajah dan biarkan 15 menit, lalu basuh dengan air hangat.

3. Membuat kulit lebih berkilau. Madu berkhasiat untuk melembapkan, melembutkan serta membuat kulit anda berkilau. Ambil sebotol madu murni pada saat anda mandi, oleskan ke kulit tubuh anda hingga mengering. Basuhlah dengan air hangat.

4. Mengharumkan tubuh. Untuk mendapatkan aroma manis dan kulit yang lembut, tambahkan 1/4 hingga 1/2 cangkir madu di air mandi anda.

5. Untuk pengelupasan sel-sel kulit mati. Madu sangat bermanfaat untuk scrubbing atau pengelupasan kulit mati. Campur 1 sendok teh madu dengan sedikit tepung almond ke telapak tangan anda. Gosok perlahan pada wajah anda untuk mebuatnya berfungsi sebagai scrub. Lalu bersihkan dengan air hangat.

6. Membersihkan make-up dari wajah. Madu bermanfaat untuk membersihkan wajah anda dari make-up. Caranya sangat sederhana. Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan anda. Usapkan diwajah anda untuk membersihkan kotoran dan make-up. Basuh bersih dengan air hangat.

7. Membuat rambut berkilau. Supaya rambut lebih mudah diatur dan berkilau, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu buah jeruk nipis dan air hangat. Gunakan shampo seperti biasa, lalu setelah dibasuh, tuangkan campuran tadi ke rambut. Tunggu beberapa menit lalu bilas kembali sampai bersih.

8. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Campurkan 1/2 cangkir madu dan 1 sendok makan minyak zaitun. Usapkan pada rambut dan kulit kepala anda. Pakailah penutup rambut dan biarkan 30 menit. Setelah itu, keramas dengan shampo dan bilaslah rambut anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar