ADITYA KUSUMA DEWI

Rabu, 12 Januari 2011

MANFAAT TOMAT

MANFAAT TOMAT



Tomat adalah buah yang sangat mudah dijumpai. Harganya juga murah meriah. Tomat kaya akan vitamin A dan vitamin C. Pada umumnya kita dapat menjumpai tomat dalam 2 warna yaitu merah dan hijau. Tomat yang baik untuk dikonsumsi adalah yang berwarna merah, karena mengandung vitamin C dan vitamin A 5 kali lebih banyak dibandingkan tomat hijau. Tomat juga mengandung lycopene, yaitu zat antioksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Lycopene paling banyak terdapat dalam tomat. Sangat baik untuk mengkonsumsi tomat setiap pagi sebanyak 1-2 buah. Tomat lebih baik bila diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi karena lycopene yang keluar akan lebih banyak ketimbang bila dikonsumsi mentah-mentah. Berikut ini adalah manfaat buah tomat.

1. Menurunkan resiko gangguan jantung.
2. Menambah nafsu makan dan mengatasi kelelahan.
3. Mencegah pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan   endometrium.
4. Memperlambat penurunan fungsi mata karena faktor usia.
5. Menjaga kesehatan organ ginjal, hati dan mencegah sulit buang air besar.
6. Menghilangkan jerawat. Ambil sebuah tomat yang sudah direbus. Potong-potong dan gosokkan pada wajah yang berjerawat pelan-pelan. Diamkan 10 menit. Bilas dengan air. Lakukan 1 bulan.
7. Mengatasi diare.
8. Meningkatkan jumlah sperma pada pria.
9. Memulihkan fungsi lever.
10. Mengatasi kegemukan.
11. Mengobati keseleo. Caranya, blender buah tomat, lalu sarinya dicampur minyak wijen, perbandingan 1:1. Panaskan hingga tinggal tersisa minyaknya saja. Gunakan untuk memijat bagian yang keseleo.
12. Mengobati bisul. Panaskan buah tomat dan letakkan diatas bisul. Bisul pun pecah tak lama kemudian dan sekaligus sembuh.
13. Menyembuhkan stroke. Caranya, buatlah jus tomat dan rajin minum jus tersebut setiap hari. Kandungan lycopene nya yang tinggi amat bagus bagi penderita stroke.
14. Untuk kecantikan kulit, karena mengandung antioksidan. Menghancurkan radikal bebas akibat polusi dan sinar ultraviolet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar