ADITYA KUSUMA DEWI

Kamis, 13 Januari 2011

 

CARA MENGAMANKAN FACEBOOK KITA AGAR TIDAK DI HACK ORANG LAIN


Mungkin di antara anda masih belum mengerti tentang cara mengamankan facebook kita dari tangan-tangan jahil atau hacker, berikut adalah tips-tips agar akun facebook anda aman dari tangan-tangan jahil:

- Jangan menambahkan teman yang tidak kamu kenal. Pilih teman dengan jumlah mutual friendnya lebih banyak.

-Ganti password sesering mungkin usahakan setiap seminggu sekali dan buat password yang kuat dengan mencampurkan angka, huruf dan karakter spesial. Jangan pernah memberitahukan passwordmu kepada orang lain.

→ Saran dalam penggantian password
■ Gunakan password yang mudah kamu ingat
■ Gunakan password minimal 6 karakter dengan menggunakan huruf, angka dan karakter spesial
■ Jangan memberitahu passwordmu kepada orang lain
■ Jangan gunakan password yang sama dengan akun yang berbeda

-Jangan memberitahukan alamat email kamu kepada orang lain atau disebarluasakan ke internet. Jika ingin di add seseorang sebaiknya menggunakan alamat URL profilmu atau gunakan Facebook Username untuk memperpendek URL tersebut. Untuk membuat Facebook Username masuk ke Settings > Account Settings > Username

-Setelah kamu login pastikan kamu logout dan Clear Recent History dengan menekan (tekan CTRL+SHIFT+DEL untuk Mozilla) .Hal ini harus kamu lakukan terutama jika kamu di warnet.

■ Pastikan alamat Facebook yang kamu akses adalah situs resmi facebook.

■ Atur Info Profile yang kamu berikan seminim mungkin dan pada pengaturan privasi buat semua settingannya agar hanya dapat dilihat teman saja ("Only Friends").

rencana bidang pemasaran


Pendahuluan
Suatu rencana pemasaran pada umumnya berisi delapan bagian, yakni : Ringkasan Eksekutif; Analisis Situasi; Analisis SWOT dan Analisis Masalah; Sasaran Pemasaran; Strategi Pemasaran; Program Aksi; Proyeksi Rugi Laba; dan Pengawasan (Kotler, 1994). Masing-masing bagian tersebut akan diuraikan di bawah ini.

1. Ringkasan Eksekutif. Ringkasan eksekutif tersebut merupakan ikhtisar dari seluruh rencana pemasaran yang telah dibuat, sehingga dapat memberikan gambaran mengenai hal-hal pokok isi rencana pemasaran tersebut.
2. Analisis Situasi. Menyajikan data dan informasi mengenai situasi pemasaran, yang meliputi :
a. Situasi Pasar. Data dan informasi mengenai besar dan pertumbuhan pasar selama beberapa tahun dan kecenderungannya pada beberapa tahun mendatang, serta kecenderungan perubahan persepsi dan perilaku konsumen.
b. Situasi Produk. Data perkembangan penjualan, tingkat harga, marjin kontribusi, dan keuntungan.
c. Situasi Persaingan. Data pesaing menyangkut, kapsitas, pangsa pasar, tujuan dan strategi, mutu produk, dan berbagai karakteristik pesaing yang relevan.
d. Situasi Distribusi. Jenis, jumlah, wilayah dan peranan saluran distribusi (mis. sumber informasi, sarana promosi, berusaha menambah pembeli, melakukan penyesuaian, melakukan negosiasi harga dan cara pembayaran, melakukan distribusi fisik saja, melakukan pembiayaan distribusi, dan atau turut menanggung resiko.Situasi Lingkungan Makro. Situasi lingkungan demografi, ekonomi, sosial budaya, politik, hukum, hankam, dan teknologi.
3. Analisis SWOT dan Analisis Masalah. Melakukan identifikasi dan analisis terhadap peluang dan ancaman yang mungkin dihadapi oleh perusahaan sebagai hasil intraksi lingkungan eksternal yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Pengaruh hasil intraksi lingkungan internal perusahaan juga perlu diidentifikasi dan dianalisis berupa kekuatan dan kelemahan. Dengan demikian, setelah analisis SWOT dilakukan dirumuskanlah masalah-masalah pokok yang harus dijadikan dasar dalam penentuan sasaran, strategi dan rencana aksi/taktik.
4. Sasaran. Mendefinisikan sasaran (tujuan) yang ingin dicapai, baik sasaran keuangan maupun sasaran pemasaran. Sasaran keuangan antara lain adalah ROI, Arus kas, dan keuntungan. Sasaran pemasaran antara lain adalah target dan pertumbuhan penjualan, pangsa pasar, jangkauan pemasaran, jumlah saluran distribusi, tingkat harga, dll
5. Strategi Pemasaran. Strategi pemasaran dirumuskan berdasarkan SWOT dan sasaran yang ingin dicapai, dan penetapannya terutama didasarkan pada pertimbangan biaya dan manfaat, serta kemampuan sumberdaya untuk melaksanakannya. Contoh pernyataan strategi pemasaran kecap lokal merek X (hipotetik) dipaparkan di bawah ini.
. Pasar sasaran : Kelas menengah ke bawah.
a. Penempatan : Produk kecap yang kaya dengan protein, enak dan murah
b. Lini produk : Melakukan diversifikasi merek dan kemasan untuk membedakan segmen pasar kelas menengah dan kelas bawah dan dengan harga yang berbeda.
c. Harga : Sedikit lebih rendah dari harga pesaing
d. Saluran distribusi : Konsentrasi pada warung-warung, grosir, dan warung baso, dan mie rebus.
e. Tenaga penjual : Menambah jumlah dan meningkatkan kemampuan tenaga penjual serta memberikan insentif yang baik.
f. Pelayanan : Produk mudah dan murah untuk diperoleh.
g. Promosi : Meningkatkan anggaran promosi untuk mencetak leaflet/ spanduk kecil yang akan ditempatkan di warung-warung, serta untuk hadiah.
h. Litbang : Menaikkan anggaran sebesar 10% untuk menyempurnakan disain label kemasan untuk segmen kelas menengah.
i. Riset Pemasaran : Menekankan pada kegiatan marketing intelegent untuk mengamati gerak-gerik pesaing, serta melakukan jajak pendapat mengenai persepsi konsumen terhadap produk kecap merek X.
6. Program Aksi. Berisi rincian setaip unsur dari strategi pemasaran yang telah disusun, terutama untuk menjawab apa yang akan dilakukan, kapan dilakukan, siapa yang melakukan, dan berapa biayanya?.
7. Proyeksi Rugi Laba. Menyusun anggaran dan proyeksi rugi laba dari rencana pemasaran yang akan dilakukan.
8. Pengendalian. Menyusun rencana evaluasi dan monitoring secara berkala mengenai pelaksanaan rencana, sehingga penyimpangan dalam pelaksanaan dapat segera dilakukan pengendalian.
Penutup.

Rabu, 12 Januari 2011

Sejarah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI)

Sejarah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) 


 


 

•  Sekilas Tentang PSSI
PSSI (Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia ) yang dibentuk 19 April 1930 di Yogyakarta. Sebagai organisasi olahraga yang dilahirkan di Zaman penjajahan Belanda, Kelahiran PSSI betapapun terkait dengan kegiatan politik menentang penjajahan. Jika meneliti dan menganalisa saat- saat sebelum, selama dan sesudah kelahirannya, sampai 5 tahun pasca Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, jelas sekali bahwa PSSI lahir, karena dibidani politisi bangsa yang baik secara langsung maupun tidak, menentang penjajahan dengan strategi menyemai benih – benih nasionalisme di dada pemuda-pemuda Indonesia. 

•  Awal Mula Berdirinya PSSI
PSSI didirikan oleh seorang insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo. Beliau menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg, Jerman pada tahun 1927 dan kembali ke tanah air pada tahun 1928. Ketika kembali ke tanah air Soeratin bekerja pada sebuah perusahaan bangunan Belanda “Sizten en Lausada” yang berpusat di Yogyakarta. Disana ia merupakan satu – satunya orang Indonesia yang duduk dalam jajaran petinggi perusahaan konstruksi yang besar itu. Akan tetapi, didorong oleh jiwa nasionalis yang tinggi Soeratin mundur dari perusahaan tersebut.
Setelah berhenti dari “Sizten en Lausada” ia lebih banyak aktif di bidang pergerakan, dan sebagai seorang pemuda yang gemar bermain sepakbola, Soeratin menyadari sepenuhnya untuk mengimplementasikan apa yang sudah diputuskan dalam pertemuan para pemuda Indonesia 28 Oktober 1928 (Sumpah Pemuda) Soeratin melihat sepakbola sebagai wahana terbaik untuk menyemai nasionalisme di kalangan pemuda, sebagai tindakan menentang Belanda.
Untuk melaksanakan cita – citanya itu, Soeratin mengadakan pertemuan demi pertemuan dengan tokoh – tokoh sepakbola di Solo, Yogyakarta dan Bandung . Pertemuan dilakukan dengan kontak pribadi menghindari sergapan Polisi Belanda (PID). Kemudian ketika diadakannya pertemuan di hotel kecil Binnenhof di Jalan Kramat 17, Jakarta dengan Soeri – ketua VIJ (Voetbalbond Indonesische Jakarta) bersama dengan pengurus lainnya, dimatangkanlah gagasan perlunya dibentuk sebuah organisasi persepakbolaan kebangsaan, yang selanjutnya di lakukan juga pematangan gagasan tersebut di kota Bandung, Yogya dan Solo yang dilakukan dengan tokoh pergerakan nasional seperti Daslam Hadiwasito, Amir Notopratomo, A Hamid, Soekarno (bukan Bung Karno), dan lain – lain. Sementara dengan kota lainnya dilakukan kontak pribadi atau kurir seperti dengan Soediro di Magelang (Ketua Asosiasi Muda).
Kemudian pada tanggal 19 April 1930, berkumpullah wakil – wakil dari VIJ (Sjamsoedin – mahasiswa RHS); wakil Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (BIVB) Gatot; Persatuan Sepakbola Mataram (PSM) Yogyakarta, Daslam Hadiwasito, A.Hamid, M. Amir Notopratomo; Vortenlandsche Voetbal Bond (VVB) Solo Soekarno; Madioensche Voetbal Bond (MVB), Kartodarmoedjo; Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) E.A Mangindaan (saat itu masih menjadi siswa HKS/Sekolah Guru, juga Kapten Kes.IVBM) Soerabajashe Indonesische Voetbal Bond (SIVB) diwakili Pamoedji. Dari pertemuan tersebut maka, lahirlah PSSI (Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia) nama PSSI ini diubah dalam kongres PSSI di Solo 1950 menjadi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia yang juga menetapkan Ir. Soeratin sebagai Ketua Umum PSSI.
Begitu PSSI terbentuk, Soeratin dkk segera menyusun program yang pada dasarnya “menentang” berbagai kebijakan yang diambil pemerintah Belanda melalui NIVB. PSSI melahirkan “stridij program” yakni program perjuangan seperti yang dilakukan oleh partai dan organisasi massa yang telah ada. Kepada setiap bonden/perserikatan diwajibkan melakukan kompetisi internal untuk strata I dan II, selanjutnya di tingkatkan ke kejuaraan antar perserikatan yang disebut “Steden Tournooi” dimulai pada tahun 1931 di Surakarta .
Kegiatan sepakbola kebangsaan yang digerakkan PSSI , kemudian menggugah Susuhunan Paku Buwono X, setelah kenyataan semakin banyaknya rakyat pesepakbola di jalan – jalan atau tempat – tempat dan di alun – alun, di mana Kompetisi I perserikatan diadakan. Paku Buwono X kemudian mendirikan stadion Sriwedari lengkap dengan lampu, sebagai apresiasi terhadap kebangkitan “Sepakbola Kebangsaan” yang digerakkan PSSI. Stadion itu diresmikan Oktober 1933. Dengan adanya stadion Sriwedari ini kegiatan persepakbolaan semakin gencar.
Lebih jauh Soeratin mendorong pula pembentukan badan olahraga nasional, agar kekuatan olahraga pribumi semakin kokoh melawan dominasi Belanda. Tahun 1938 berdirilah ISI (Ikatan Sport Indonesia), yang kemudian menyelenggarakan Pekan Olahraga (15-22 Oktober 1938) di Solo.
Karena kekuatan dan kesatuan PSSI yang kian lama kian bertambah akhirnya NIVB pada tahun 1936 berubah menjadi NIVU (Nederlandsh Indische Voetbal Unie) dan mulailah dirintis kerjasama dengan PSSI. Sebagai tahap awal NIVU mendatangkan tim dari Austria “Winner Sport Club “ pada tahun 1936.
Pada tahun 1938 atas nama Dutch East Indies, NIVU mengirimkan timnya ke Piala Dunia 1938, namun para pemainnya bukanlah berasal dari PSSI melainkan dari NIVU walaupun terdapat 9 orang pemain pribumi / Tionghoa. Hal tersebut sebagai aksi protes Soeratin, karena beliau menginginkan adanya pertandingan antara tim NIVU dan PSSI terlebih dahulu sesuai dengan perjanjian kerjasama antara mereka, yakni perjanjian kerjasama yang disebut “Gentelemen's Agreement” yang ditandatangani oleh Soeratin (PSSI) dan Masterbroek (NIVU) pada 5 Januari 1937 di Jogyakarta. Selain itu, Soeratin juga tidak menghendaki bendera yang dipakai adalah bendera NIVU (Belanda). Dalam kongres PSSI 1938 di Solo, Soeratin membatalkan secara sepihak Perjanjian dengan NIVU tersebut.
Soeratin mengakhiri tugasnya di PSSI sejak tahun 1942, setelah sempat menjadi ketua kehormatan antara tahun 1940 – 1941, dan terpilih kembali di tahun 1942.
M asuknya balatentara Jepang ke Indonesia menyebabkan PSSI pasif dalam berkompetisi, karena Jepang memasukkan PSSI sebagai bagian dari Tai Iku Kai, yakni badan keolahragaan bikinan Jepang, kemudian masuk pula menjadi bagian dari Gelora (1944) dan baru lepas otonom kembali dalam kongres PORI III di Yogyakarta (1949).
•  Perkembangan PSSI
Pasca Soeratin ajang sepakbola nasional ini terus berkembang walaupun perkembangan dunia persepakbolaan Indonesia ini mengalami pasang surut dalam kualitas pemain, kompetisi dan organisasinya. Akan tetapi olahraga yang dapat diterima di semua lapisan masyarakat ini tetap bertahan apapun kondisinya. PSSI sebagai induk dari sepakbola nasional ini memang telah berupaya membina timnas dengan baik, menghabiskan dana milyaran rupiah, walaupun hasil yang diperoleh masih kurang menggembirakan.
Hal ini disebabkan pada cara pandang yang keliru. Untuk mengangkat prestasi Timnas, tidak cukup hanya membina Timnas itu sendiri, melainkan juga dua sektor penting lainnya yaitu kompetisi dan organisasi, sementara tanpa disadari kompetisi nasional kita telah tertinggal.
Padahal di era sebelum tahun 70-an, banyak pemain Indonesia yang bisa bersaing di tingkat internasional sebut saja era Ramang dan Tan Liong Houw, kemudian era Sucipto Suntoro dan belakangan era Ronny Pattinasarani.
Dalam perkembangannya PSSI sekarang ini telah memperluas jenis kompetisi dan pertandingan yang dinaunginya. Kompetisi yang diselenggarakan oleh PSSI di dalam negeri ini terdiri dari :
•  Divisi utama yang diikuti oleh klub sepakbola dengan pemain yang berstatus non amatir.
•  Divisi satu yang diikuti oleh klub sepakbola dengan pemain yang berstatus non amatir.
•  Divisi dua yang diikuti oleh klub sepakbola dengan pemain yang berstatus non amatir.
•  Divisi tiga yang diikuti oleh klub sepakbola dengan pemain yang berstatus amatir.
•  Kelompok umur yang diikuti oleh klub sepakbola dengan pemain:
•  Dibawah usia 15 tahun (U-15)
•  Dibawah usia 17 tahun (U-170
•  Dibawah Usia 19 tahun (U-19)
•  Dibawah usia 23 tahun (U-23)
•  Sepakbola Wanita
•  Futsal.
PSSI pun mewadahi pertandingan – pertandingan yang terdiri dari pertandingan di dalam negeri yang diselenggarakan oleh pihak perkumpulan atau klub sepakbola, pengurus cabang, pengurus daerah yang dituangkan dalam kalender kegiatan tahunan PSSI sesuai dengan program yang disusun oleh PSSI. Pertandingan di dalam negeri yang diselenggarakan oleh pihak ketiga yang mendapat izin dari PSSI. Pertandingan dalam rangka Pekan Olahraga Daerah (PORDA) dan pekan Olah Raga Nasional (PON). Pertandingan – pertandingan lainnya yang mengikutsertakan peserta dari luar negeri atau atas undangan dari luar negeri dengan ijin PSSI.
Kepengurusan PSSI pun telah sampai ke pengurusan di tingkat daerah – daerah di seluruh Indonesia . Hal ini membuat Sepakbola semakin menjadi olahraga dari rakyat dan untuk rakyat.
Dalam perkembangannya PSSI telah menjadi anggota FIFA sejak tanggal 1 November 1952 pada saat congress FIFA di Helsinki. Setelah diterima menjadi anggota FIFA, selanjutnya PSSI diterima pula menjadi anggota AFC (Asian Football Confederation) tahun 1952, bahkan menjadi pelopor pula pembentukan AFF (Asean Football Federation) di zaman kepengurusan Kardono, sehingga Kardono sempat menjadi wakil presiden AFF untuk selanjutnya Ketua Kehormatan.
Lebih dari itu PSSI tahun 1953 memantapkan posisinya sebagai organisasi yang berbadan hukum dengan mendaftarkan ke Departement Kehakiman dan mendapat pengesahan melalui SKep Menkeh R.I No. J.A.5/11/6, tanggal 2 Februari 1953, tambahan berita Negara R.I tanggal 3 Maret 1953, no 18. Berarti PSSI adalah satu – satunya induk organisasi olahraga yang terdaftar dalam berita Negara sejak 8 tahun setelah Indonesia merdeka.

“Kostum Baru Timnas Indonesia “

“Kostum Baru Timnas Indonesia “


Sejak 2007, Nike menjadi pemasok kostum timnas Indonesia. Selama itu pula, tiga kali desain dan konsep kostum Tim Merah Putih mengalami perubahan. Mulai dari desain yang mengambil tema tokoh pewayangan pada kostum di Piala Asia 2007 hingga pada konsep yang mengedepankan semangat dan keberanian di kostum Piala AFF 2008.

Untuk tema desain kostum di Piala AFF 2010, Nike mengusung konsep yang hampir sama. Mereka mengangkat semangat nasionalisme dengan menonjolkan ciri khas Indonesia. Bedanya, dari sisi visual, penegasan budaya Indonesia lebih terasa.
Kami berharap kentalnya corak Indonesia ini bisa menambah semangat pemain di lapangan. Mereka lebih berani dan bangga memakai kostum kebesaran timnas," kata Nadita Wardani, Brand Connection Nike.
Dibandingkan desain pada dua kostum sebelumnya, perbedaan visual sangat ketara. Di bagian depan contohnya, warna merah tidak ditampilkan polos. Ada garis tipis berwarna hitam yang membentuk lambang Garuda Pancasila di sana.


Di bagian dada, logo Garuda Pancasila lebih menonjol dengan garis melingkar di sekitarnya. "Di balik logo Garuda itu ada tulisan Bhineka Tunggal Ika. Di bagian leher belakang juga ada topografi Indonesia," tambah Jefry, prudoct specialist Nike.
Kostum Tim Merah Putih digarap sama persis dengan kostum tim besar yang disponsori Nike. "Ketika membuat kostum buat Brasil, Belanda dan Portugal di Piala Dunia 2010 lalu. Kami juga mempertimbangkan ciri khas culture dari negara-negara tersebut. Untuk timnas Indonesia pun kami melakukan hal yang sama," beber Nadita.
bagaimana dengan teknologi dan bahan yang digunakan? Nike mengklaim tak ada perbedaan sama sekali. Bahan kostum yang dipakai Firman Utina cs sama dengan yang dikenakan pemain-pemain dunia sekelas Cristiano Ronaldo di timnas Portugal atau Kaka di timnas Brasil.

MANFAAT TOMAT

MANFAAT TOMAT



Tomat adalah buah yang sangat mudah dijumpai. Harganya juga murah meriah. Tomat kaya akan vitamin A dan vitamin C. Pada umumnya kita dapat menjumpai tomat dalam 2 warna yaitu merah dan hijau. Tomat yang baik untuk dikonsumsi adalah yang berwarna merah, karena mengandung vitamin C dan vitamin A 5 kali lebih banyak dibandingkan tomat hijau. Tomat juga mengandung lycopene, yaitu zat antioksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Lycopene paling banyak terdapat dalam tomat. Sangat baik untuk mengkonsumsi tomat setiap pagi sebanyak 1-2 buah. Tomat lebih baik bila diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi karena lycopene yang keluar akan lebih banyak ketimbang bila dikonsumsi mentah-mentah. Berikut ini adalah manfaat buah tomat.

1. Menurunkan resiko gangguan jantung.
2. Menambah nafsu makan dan mengatasi kelelahan.
3. Mencegah pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan   endometrium.
4. Memperlambat penurunan fungsi mata karena faktor usia.
5. Menjaga kesehatan organ ginjal, hati dan mencegah sulit buang air besar.
6. Menghilangkan jerawat. Ambil sebuah tomat yang sudah direbus. Potong-potong dan gosokkan pada wajah yang berjerawat pelan-pelan. Diamkan 10 menit. Bilas dengan air. Lakukan 1 bulan.
7. Mengatasi diare.
8. Meningkatkan jumlah sperma pada pria.
9. Memulihkan fungsi lever.
10. Mengatasi kegemukan.
11. Mengobati keseleo. Caranya, blender buah tomat, lalu sarinya dicampur minyak wijen, perbandingan 1:1. Panaskan hingga tinggal tersisa minyaknya saja. Gunakan untuk memijat bagian yang keseleo.
12. Mengobati bisul. Panaskan buah tomat dan letakkan diatas bisul. Bisul pun pecah tak lama kemudian dan sekaligus sembuh.
13. Menyembuhkan stroke. Caranya, buatlah jus tomat dan rajin minum jus tersebut setiap hari. Kandungan lycopene nya yang tinggi amat bagus bagi penderita stroke.
14. Untuk kecantikan kulit, karena mengandung antioksidan. Menghancurkan radikal bebas akibat polusi dan sinar ultraviolet.

Memerahkan Bibir

Memerahkan Bibir


Bibir yang terlihat sehat, segar dan kemerah-merahan adalah dambaan setiap wanita. Bibir yang halus dan merona makin menyempurnakan senyum indah anda selain gigi putih cemerlang. Maka produk lipstik selalu laris manis karena para wanita selalu ingin bibirnya berwarna segar merona. Namun ternyata, lipstik adalah salah satu faktor yang membuat bibir menjadi menghitam. Akan tampak bila seseorang yang sering memakai lipstik, pada saat tidak memakai lipstik, bibirnya terlihat pucat dan menghitam. Tips berikut sangat efektif untuk memerahkan bibir anda secara alami dan membuatnya lembut, bebas pecah-pecah, sehat dan segar.

.1.  Setiap sikat gigi, sikat juga bibir anda pelan-pelan dengan arah kekanan dan kekiri secara bergantian.

. 2. Belah tomat menjadi 2 bagian. Oleskan irisan tomat ke bibir anda selama 10-15 menit. Lakukan rutin 2-3 kali sehari selama seminggu. Bibir anda jadi halus dan bebas dari pecah-pecah.

3. Olesi bibir anda dengan madu setiap saat anda sempat dan setiap sebelum tidur, lakukan pijat-pijat ringan pada bibir anda. Madu bagus untuk melembapkan bibir dan memerahkan bibir secara alami.

4. Sering mengkonsumsi buah-buahan segar, terutama jeruk. Bibir aja terlihat segar tanpa perlu memakai pelembap.

5. Pakailah lipbalm / pelembap untuk bibir di siang hari untuk menjaganya tetap lembap dan tidak kering.

Tips Gigi Putih Cemerlang

Tips Gigi Putih Cemerlang

Gigi yang putih adalah aset senyum menawan setiap orang. Jika gigi berwarna kekuningan, nampak tidak sehat dan membuat penampilan kurang menarik. Cara membuat gigi kembali putih cemerlang ternyata mudah.

Cara Pertama: Gunakan lemon dan garam. Campurkan beberapa tetes air lemon dan sedikit garam dapur. Gosokkan pada gigi dengan lembut seperti saat anda melakukan sikat gigi. Hal ini akan membantu noda karat pada permukaan gigi menjadi hilang.

Cara Kedua: Gosok gigi dengan bagian dalam kulit jeruk. Pada kulit jeruk ada unsur pemutih yang bisa menghilangkan noda karat pada gigi tanpa mengganggu email gigi.

Cara Ketiga: Jemur 6 lembar daun salam dibawah terik mentari sampai kering dan renyah. Haluskan semuanya dan tambahkan bubuk kulit jeruk. Gosok campuran ini ke gigi tiap hari. Dalam 2 minggu anda bisa mendapat gigi putih alami.

Cara Keempat: Selain kaya vitamin C, strawberry bisa membersihkan gigi. Buah strawberry tidak berbahaya bagi gigi meski rasanya manis. Gosokkan strawberry pada gigi anda untuk menghilangkan noda pada gigi dan membuatnya putih cemerlang.

Cara Kelima: Siapkan sari buah apel dan cuka putih. Campurkan dan gosokkan pada gigi. Gigi pun putih dan noda hilang dengan cepat. Namun karena sifat kedua bahan ini sangat keras, jangan gunakan setiap hari karena bisa menimbulkan kerusakan lapisan email gigi.

Cara Keenam: Siapkan daun kelapa kering lalu tumbuk sampai halus. Tumbukan itu ditambah dengan air dan aduk sampai rata. Jadikan sebagai pasta gigi dan lakukan secara rutin 2 kali sehari selama seminggu.

Selain 5 cara diatas, anda juga harus menjaga kesehatan gigi anda dengan rajin menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari dan hindari memakai bahan kimia untuk memutihkan gigi karena bahaya bagi email gigi dan gigi dapat cepat rapuh. Sebaiknya juga mengurangi minum teh dan kopi dan jangan merokok. Jangan lupa untuk rajin periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memeriksakan kesehatan gigi anda.


Kulit Halus dengan Mandi Susu & Madu

Kulit Halus dengan Mandi Susu & Madu


Kehalusan kulit tubuh adalah hal yang selalu ingin dipertahankan wanita. Selain menambah kecantikan kulit, kulit yang halus juga menambah percaya diri bagi seorang wanita. Namun terkadang karena kesibukan bekerja ataupun mengurus rumah tangga, seorang wanita bisa agak kurang memperhatikan soal menjaga kehalusan kulit tubuh. Kurang waktu untuk ke salon atau spa untuk menjaga kulitnya tetap mulus dan harum. Anda bisa mencoba sendiri dirumah dengan bahan-bahan alami untuk menghaluskan kulit anda dan menjaga kecantikan kulit tubuh anda.

1. Siapkan 1 gelas madu, 1 gelas air panas, 2 gelas susu segar, 1/2 gelas garam, 2 sendok makan baking soda dan 10 tetes minyak aromaterapis vanilla.

2. Siapkan air hangat dalam bathtub. Anda masukkan garam dan baking soda kedalamnya.

.3. Madu dimasukkan ke air panas dan larutkan. Campur madu yang sudah terlarutkan itu dengan susu. Masukkan dalam bathtub.

4. Masukkan aroma vanilla dan rendam tubuh anda kurang lebih 15 menit. Kulit tubuh anda pun makin mulus dan mewangi.

Mandi susu dan madu sangat dianjurkan untuk rutin dilakukan demi membuat kulit makin mulus dan wangi. Khususnya bagi yang sudah menikah, karena membuat kulit tubuh menjadi sangat halus, lembut dan legit sehingga membuat suami menjadi terangsang dan mungkin saja ketagihan untuk bercinta. Lakukan mandi susu dan madu sebelum berhubungan seks untuk memuaskan suami dengan tubuh legit, wangi nan lembut anda.

Supaya Rambut Selalu Harum & Segar

Supaya Rambut Selalu Harum & Segar

Disamping memiliki rambut yang tak mudah rontok, bebas kutu dan bebas ketombe, Senang rasanya bila mahkota anda selalu harum dan segar setiap saat. Anda sudah rajin keramas setiap hari namun rambut selalu cepat lepek dan menjadi tidak terlihat segar, atau bahkan mungkin bau apek juga menjadi problema rambut anda. Anda pun menginginkan rambut anda berbau harum dan wangi lebih lama. Perlu anda ketahui bahwa tak semua shampoo dapat anda gunakan setiap hari. Karena itu anda sebaiknya memilih shampoo yang aman untuk rambut dan kulit sehingga bisa anda pakai setiap hari jika anda menginginkan pemakaian setiap hari. Namun supaya anda tidak perlu keramas tiap hari dan tetap dapat memiliki rambut yang harum, segar dan wanginya lebih tahan lama, anda dapat melakukan tips berikut ini.

1. Setiap habis keramas, usahakan untuk mengeringkan rambut anda dengan menggunakan hair dryer. Jangan biarkan rambut anda kering dengan sendirinya karena saat anda beraktivitas, rambut yang belum kering tersebut sudah terkontaminasi oleh keringat dan debu ataupun kotoran lain yang menempel selama proses pengeringan secara alami.

2. Gunakan hair tonic. Usapkan perlahan-lahan dengan ujung jari-jari anda keseluruh kulit kepala anda. Massage ringan dapat anda lakukan yang berguna untuk memperlancar peredaran darah dibawah kulit kepala. Akar rambut akan menjadi kuat dan rambut anda menjadi wangi karena hair tonic memberi aroma harum yang lebih awet pada rambut anda.

3. Jika anda ingin keramas setiap hari, keramaslah dengan air dingin. Shampoo dicampur dengan air hangat lalu kocok2 sampai agak cair, dan anda boleh keramas setiap hari dengan cara demikian.

4. Lakukan masker rambut untuk jenis rambut berminyak. Jika mudah apek dan tak harum, bisa jadi rambut anda jenis rambut berminyak yang pada kulit kepala mudah berkeringat dan timbul minyak yang membuat rambut apek.

5. Gunakan kondisioner pada batang rambut, jangan pada kulit kepala. Gunakan juga vitamin untuk rambut pada batang rambut saja. Untuk membuat keharuman rambut tetap terjaga, rajinlah menggunakan vitamin dan bukannya memakai shampoo secara berlebihan.

6. Untuk saat-saat tertentu yang menuntut tampilan prima, untuk menambah percaya diri, maka tak ada salahnya anda menyemprotkan parfum ke rambut anda. Semprot kira-kira 30 cm dari rambut dan rambut anda pun menjadi harum mewangi.

Orang Indonesia Menemukan Planet ?

Orang Indonesia Menemukan Planet ?


Ini temuan terkini dalam dunia astronomi. Sebuah planet baru. Ditemukan oleh Max Planck Institut fur Astronomie (MPIA) di Jerman. Diberi nama Planet HIP 13044b, sebab dia mengelilingi HIP 13044, sebuah bintang tua yang sudah sekarat. Temuan baru ini dilansir Kamis, 18 November 2010. Dipublikasikan secara luas ke seluruh dunia hari ini.    
                            Kisah tentang angkasa luar, temuan planet, dan sebagainya kerap kali membuat kita kagum. Kadang juga bingung. Sebab istilah dan kodenya begitu banyak. Agar cerita tentang planet baru itu mudah dipahami, ada baiknya kita buka kembali cerita para guru soal jagat raya ini. Semenjak di bangku sekolah kita diajari bahwa dalam jagat raya ini terdapat sejumlah galaksi. Salah satunya adalah Milky Way, yang oleh kita lebih dikenal dengan sebutan Galaksi Bima Sakti. Dalam Bima Sakti itulah bumi yang kita huni ini dan sejumlah planet lain menetap.
Di luar itu masih banyak galaksi lain. Salah satunya adalah sebuah galaksi mini. Planet-planet di galaksi mini mengitari sebuah bintang induk bernama HIP 13044. Para ahli menghitung bahwa galaksi mini ini berjarak sekitar 2000 tahun cahaya dari bumi.           Tapi bintang induk itu kian renta. Daya gravitasi terhadap sejumlah planet yang mengitarinya kian lemah. Melemahnya daya gravitasi itu menyebabkan sejumlah planet terlepas dan disedot oleh daya gravitasi galaksi yang lain.
Satu dari sekian planet di sekitar bintang yang renta itu, ditarik oleh daya gravitasi Galaksi Bima Sakti. Daya tarik itu menyebabkan planet itu masuk ke dalam lingkungan Galaksi Bima Sakti. Proses penarikan itu juga kerap disebut sebagai "kanibalisme" galaksi. Sejumlah ahli menaksir bahwa proses kanibalisme itu terjadi 6 hingga 9 miliar tahun silam.  Planet yang masuk ke Bima Sakti itulah yang ditemukan sejumlah astronom di Jerman tadi. Lantaran dia berasal dari lingkungan HIP 13004, maka planet yang baru ditemukan itu diberi imbuhan b menjadi HIP 13004b. Planet ini menjadi "anak kost" di Galaksi Bima Sakti. Ukurannya, sedikit  lebih besar  dari Yupiter.
Apa pentingnya temuan planet baru itu buat kita?
Rainer Klement dari MPIA menuturkan bahwa temuan itu sangat menarik, sebab inilah pertama kalinya manusia menemukan adanya planet lain di luar galaksi kita. Temuan itu juga, lanjut Rainer, membuka jalan bagi para astronom untuk meneliti kelangsungan hidup galaksi Bima Sakti, juga kelangsungan hidup bumi yang kita huni ini.
Para ahli itu menghitung bahwa sekitar lima miliar tahun yang akan datang, Matahari juga perlahan akan redup. Dia akan memasuki fase "raksasa merah" yaitu fase di mana kekuatannya meredup dan daya grativitasinya melemah. Ketika daya gravitasi melemah itulah, planet-planet yang mengitarinya--termasuk bumi-- "dimangsa"  oleh matahari atau disedot oleh gravitasi galaksi yang lain.
“Penemuan ini sangat menarik terutama ketika kita memahami masa depan tata surya, bahwa Matahari juga akan berubah menjadi 'raksasa merah' lima miliar tahun mendatang," kata pemimpin proyek, Johny Setiawan – astronom Indonesia yang juga bekerja di MPIA.
Lalu mengapa si HIP 13044b itu selamat dan tidak tertelan oleh planet induknya. Johny memperkirakan lantaran planet itu berotasi lebih cepat dari planet-planet yang lain. Namun dia tidak akan hidup selamanya, sebab bintang induk itu akan berkembang dalam tahap evolusi berikutnya. Saat itulah nanti-- miliaran tahun lagi-- planet ini tertelan.
Johny setiawan memperkirakan bahwa nanti,  saat Matahari memasuki fase penuaan dan  menjadi raksasa merah, Bumi mungkin tak akan selamat.
"Planet-planet dalam, termasuk Bumi, mungkin tidak akan bertahan hidup," kata Johny Setiawan pada SPACE.com. "Tapi Jupiter, Saturnus dan planet-planet luar mungkin pindah mendekat, persis seperti yang kami deteksi."

Namun, pada akhirnya semua akan binasa. Suatu ketika si Yupiter itu pun akan tertelan, sebagaimana nasib si HIP 13044b, yang karena datang dari antah berantah itu kemudian disebut planet "Alien".
Dipimpin Astronom Indonesia
Kita boleh berbangga karena tim penemu planet alien ini dipimpin astronom Indonesia, Johny Setiawan.Dr.rer.nat.  Meski gemilang di luar negeri, tak banyak orang Indonesia yang tahu siapa dan sepak terjang sang astronom. Pria kelahiran 16 Agustus 1974 ini bekerja di Max Planck Institute for Astronomy (MPIA), Jerman. Hebatnya, ia orang non-Jerman yang dipercaya berkali-kali sebagai ketua tim proyek.
Ia bergabung sebagai peneliti post-doctoral di MPIA, di Department of Planet and Star Formation sejak Juni 2003. Di tahun yang sama pula ia mulai memimpin penelitian di observasi bintang dan planet ESO La Silla. Selain itu, ia juga bekerja secara khusus di sejumlah projek seperti ESPRI (Pencarian Planet dengan PRIMA/ Phase-Referenced Imaging and Micro-arcsecond Astrometry).                                                                               Sebelum penemuan terbaru soal planet alien itu, Johny dan timnya menemukan sekitar 10 planet baru, meski tak semua dipublikasikan. Pada 2008, misalnya, ia dan timnya menemuka planet yang diberi nama TW Hya b. Planet tersebut mengelilingi bintang TW Hydrae itu berada di konstelasi Hydra yang berjarak 180 tahun cahaya dari Bumi.
Penemuan ini membuat kaget dunia astronomi. Sebab, dalam kurun waktu 12 tahun terakhir,  tak satu pun planet yang muncul dari bintang muda.
Pada 2005 tim peneliti yang sama juga berhasil menemukan planet ekstrasolar lain yang diberi nama HD 11977 b yang juga memberikan informasi tentang evolusi dari sistem tata surya lain berkaitan dengan eksistensi planet jika bintang induk kehabisan sumber energi.
Sebagai asli Indonesia, Johny menguasai bahasa ibu, Bahasa Indonesia. Dan pergaulannya di Eropa membuat ia  lancar berbahasa Jerman, Inggris, Spanyol, dan Prancis.

Selain bekerja di MPIA, Johny aktif memberikan ceramah soal astronomi, baik di Jerman maupun Indonesia. Menurutnya, kegiatan sosial dan publik dalam komunitas ilmiah, dan hubungan antara akademisi, sains maupun non-sains sangat penting artinya untuk mentransfer ilmu pengetahuan dalam arah horisontal dan vertikal. Selain kesibukan sebagai ilmuwan, Johny juga punya hobi memasak. Dia bisa memasak hampir semua jenis masakan tradisional Indonesia, yang kerap disajikan untuk kawan-kawannya sesama astronot.

10 Negara Super Kaya di Dunia

10 Negara Super Kaya di Dunia


Kekuatan ekonomi suatu negara biasanya diukur melalui Produk Domestik Bruto (PDB). Menilik angka itu, Amerika Serikat masih menduduki posisi tertinggi sebagai negara kaya melampaui China dan Jepang, Agustus silam.

Namun, PDB tidak mampu menunjukkan kekayaan negara yang sesungguhnya karena bisa jadi uang itu hanya terkonsentrasi di sejumlah pengusaha, bukan pemerintah. Itulah mengapa nilai Pendapatan Nasional Bruto (PNB) menjadi penting untuk mengukur kekayaan suatu negara.

Berikut 10 negara dengan PNB tertinggi per kapita, berdasar data terbaru Bank Dunia, seperti dikutip dari laman Daily Finance:






1.Luxemburg

PNB per kapita: $58,810
Tingkat buta huruf: 1%
Tingkat pengangguran: 4,8%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 3,7%

Merupakan daratan kecil yang berbatasan dengan Prancis, Jerman, dan Belgia. Diapit
sejumlah negara besar, negara ini tumbuh menjadi salah satu pusat bisnis utama di
Benua Eropa. Dalam tiga tahun ke depan, negara ini berencana menyediakan layanan
bandwidth dengan kapasitas supertinggi untuk mendorong pengembangan ekonomi
digital yang canggih.

2. Norwegia

PNB per kapita: $55,190
Tingkat buta huruf: 0%
Tingkat pengangguran: 1,7%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 6,7%

Merupakan negara superkaya yang mendapat keuntungan besar dari ekspor minyak bumi pada 1970-an. Pendapatan utama negara ini berasal dari sektor minyak dan gas, juga teknologi dan komunikasi. Saking kayanya, negara ini mampu mendanai berbagai program sosial dan pendidikan tanpa membebani pajak. Tak heran jika tak ada warga buta huruf di sana. 

3. Kuwait

PNB per kapita: $53,390
Tingkat buta huruf: 6%
Tingkat pengangguran: 1,3%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 3,8%

negara kecil di Timur Tengah ini memiliki 9 persen dari cadangan minyak dunia. Tidak seperti negara penghasil minyak di sekitarnya, negara ini cukup stabil secara politik. Dibanding dengan negara Teluk lainnya, tingkat pendidikan di Kuwait cukup baik. Daya serap tenaga kerja mencapai lebih 98 persen, baik di bidang perminyakan atau ekspor semen dan bata.


4. Macau

PNB per kapita: $52,410
Tingkat buta huruf: 7%
Tingkat pengangguran: 3%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 2,2%

Daerah administrasi khusus di daratan China ini mendapat banyak pemasukan dari ekspor tekstil dan aneka produk manufaktur. Negara ini juga sangat terkenal sebagai salah satu destinasi perjudian dunia yang cukup masyur. Bahkan pada 2006, pendapatan dari sektor judi melebihi Las Vegas. Mayoritas warga memanfaatkannya sebagai ladang bisnis dengan membuka kasino, hotel, dan pembangunan resor untuk menarik wisatawan mancanegara.

5. Brunei

PNB per kapita: $50,920
Tingkat buta huruf: 5%
Tingkat pengangguran: 3,7%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 3,7%

Seperti Norwegia dan Kuwait, sumber utama pendapatan pemerintah adalah dari industri minyak. Sebanyak 60 persen warganya bergantung hidup di sektor itu. Kemapanan finansial membuat pemerintah sanggup memberikan pendidikan gratis hingga perguruan tinggi. Sekadar catatan, Sultan Brunei bahkan pernah menjadi orang terkaya di dunia. Namun belakangan, ada kekhawatiran, menipisnya cadangan minyak mentah akan menjatuhkan standar hidup negara itu.

6. Singapura

PNB per kapita: $50,780
Tingkat buta huruf: 5%
Tingkat pengangguran: 3,95%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 2,2%

Singapura mempromosikan diri sebagai pelabuhan yang ramah bagi perdagangan internasional. Pemerintah setempat sangat ketat mengontrol perekonomian rakyat melalui kemajuan bidang industri elektronik dan farmasi. Selain mengedepankan kesejahteraan umum dan jasa publik, pemerintah sangat peduli terhadap tingkat pendidikan masyarakatnya.

7. Amerika Serikat

PNB per kapita: $46,760
Tingkat buta huruf: 1%
Tingkat pengangguran: 9,6%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 5,6%

jumlah penduduk dan kondisi geografis membuat negara adidaya ini tak muncul sebagai negara paling kaya di dunia. Bahkan angka pengangguran dua kali Luxemburg. Negara ini mengedepankan perekonomi kapitalis yang tak terlalu memprioritaskan program sosial. Namun, negara ini tak ragu menghabiskan anggaran besar untuk pendidikan. Meski tergolong maju, kesenjangan sosial-ekonomi di negara ini cukup kentara.

8. Hong Kong

PNB per kapita: $44,090
Tingkat buta huruf: 3,4%
Tingkat pengangguran: 3,6%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 3,3%

Ekonomi negara ini sangat bergantung pada re-ekspor sejumlah produk. Hong Kong mendapat keuntungan dari transisi ekonomi eksportir industri ke pusat perbankan internasional. Pemerintah Hong Kong pro perdagangan bebas. Negara ini memprioritaskan anggarannya untuk kesejahteraan publik dan pendidikan warganya.

9. Swiss

PNB per kapita: $43,440
Tingkat buta huruf: 1%
Tingkat pengangguran: 4%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 5,3%

Masyarakat Swiss mendapat keuntungan dari kebijakan pemerintah yang sangat ramah bisnis. Ini membuat Swiss menjadi pusat investasi dan perbankan internasional. Kebijakan pajak yang sangat ringan juga membuat Swiss tumbuh bak surga bagi para pengusaha kaya dunia untuk menghamburkan uangnya. Sektor jasa makmur telah berkembang untuk memenuhi tuntutan kelompok tersebut. Negara ini juga mendapat keuntungan besar dari ekspor mesin industri dan bahan kimia.

10. Belanda
PNB per kapita: $40,940
Tingkat buta huruf: 1%
Tingkat pengangguran: 3%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 5,5%
Pemerintah Belanda memainkan peran aktif dalam mempertahankan standar hidup tinggi bagi warganya. Belanda adalah model kebijakan ekonomi sosial liberal dan laissez-faire. Belanda memiliki ekonomi pasar bebas, yang didukung kekuatan pasar penyulingan minyak bumi dan industri mesin listrik. Kebijakan sosial liberal juga mendatangkan keuntungan melalui sektor obat-obatan terlarang dan wisata seks.

Manfaat Madu

Manfaat Madu

Madu memiliki zat alami yang berfungsi melembapkan kulit. Selain itu madu berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri. Kandungan antimicrobial dalam madu membuatnya bermanfaat untuk perawatan jerawat ringan, karena kandungan pelembap dalam madu tak membuat kulit menjadi kering. Madu juga digunakan dalam pembuatan AHAs yang merupakan kandungan penting yang ada pada krim kulit dan pelembap karena berfungsi untuk pengelupasan kulit. Nah, ternyata khasiat madu tak hanya sampai disitu. Madu juga bermanfaat untuk hal-hal dibawah ini.




1. Menyejukkan kulit bagi kulit yang berjerawat. Campurkan saja setengah cangkir air hangat dengan 1/4 sendok teh garam. Gunakan cotton bud untuk oles langsung ke bagian yang berjerawat, lalu ambil kapas dan oleskan madu bada bagian tersebut. Biarkan 10 menit, lalu basuhlah dengan air.


2. Mengencangkan wajah. Sangat efektif untuk menghambat penuaan dini dan mencegah keriput, fungsinya dalam hal ini sama dengan buah strawberry. Oleskan madu murni pada wajah dan biarkan 15 menit, lalu basuh dengan air hangat.

3. Membuat kulit lebih berkilau. Madu berkhasiat untuk melembapkan, melembutkan serta membuat kulit anda berkilau. Ambil sebotol madu murni pada saat anda mandi, oleskan ke kulit tubuh anda hingga mengering. Basuhlah dengan air hangat.

4. Mengharumkan tubuh. Untuk mendapatkan aroma manis dan kulit yang lembut, tambahkan 1/4 hingga 1/2 cangkir madu di air mandi anda.

5. Untuk pengelupasan sel-sel kulit mati. Madu sangat bermanfaat untuk scrubbing atau pengelupasan kulit mati. Campur 1 sendok teh madu dengan sedikit tepung almond ke telapak tangan anda. Gosok perlahan pada wajah anda untuk mebuatnya berfungsi sebagai scrub. Lalu bersihkan dengan air hangat.

6. Membersihkan make-up dari wajah. Madu bermanfaat untuk membersihkan wajah anda dari make-up. Caranya sangat sederhana. Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan anda. Usapkan diwajah anda untuk membersihkan kotoran dan make-up. Basuh bersih dengan air hangat.

7. Membuat rambut berkilau. Supaya rambut lebih mudah diatur dan berkilau, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu buah jeruk nipis dan air hangat. Gunakan shampo seperti biasa, lalu setelah dibasuh, tuangkan campuran tadi ke rambut. Tunggu beberapa menit lalu bilas kembali sampai bersih.

8. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Campurkan 1/2 cangkir madu dan 1 sendok makan minyak zaitun. Usapkan pada rambut dan kulit kepala anda. Pakailah penutup rambut dan biarkan 30 menit. Setelah itu, keramas dengan shampo dan bilaslah rambut anda.

Rencana bidang keuangan dan pemodalan

Rencana bidang keuangan dan pemodalan

Perencanaan Keuangan Bagi Usaha Kecil Menengah (UKM)
Di dalam penyusunan keuangan dan pemodalan hal yang terpenting harus diprhatikan ialah :

1. Perumusan strategi keuangan, yang mencakup : - Strategi struktur permodalan
- Strategi pinjaman jangka panjang
- Strategi dividen
- Strategi penggelolaan kekayaan yang terdiri dari :
• Manajemen harta lancar, yang mencakup :
o Manajemen kas
o Manajemen persediaan
o Manajemen piutang
• Manajemen harta tetap, yang didasarkan atas analisa investasi atau capital budgeting

2. penyusunan rencana keuangan dan pemodalan :
- Penyusunan rencana investasi
- Penyusunan anggaran kas/proyeksi aruskas
- Penyusunan anggaran operasi atau proyeksi rugi/laba
- Proyeksi neraca
- Proyeksi sumber dan penggunaan dana

Perencanaan keuangan di dalam UKM, yaitu ?

Perencanaan Keuangan UKM Sangat Penting
            Seringkali kita mendengar ada UKM setelah menerima kredit dari Lembaga Keuangan/Perbankan yang katanya untuk mengembangkan usaha, kenyataannya di lapangan digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari, sehingga ketika uang tersebut habis usahapun tidak jalan/bangkrut.
            Perencanaan Keuangan UKM sebenarnya adalah Kedisiplinan Pelaku Usaha dalam mengelola Keuangan Pribadi/Keuangan Perusahaan. Harus dipisahkan antara keuangan untuk kebutuhan hidup sehari-hari dengan keuangan untuk usaha, meskipun usaha tersebut dijalankan di rumah.
            Ada contoh seorang pengusaha sablon, usahanya dikerjakan di rumah. Setiap pemasukan dan pengeluaran, tidak pernah dicatatnya, hanya diingat-ingat di kepala dan uang yang masuk disimpa di laci atau “managemen by laci”.
            Membayar tagihan listrik ambil uang dari laci, belanja rumah tangga ambil uang dari laci. Anaknya ingin jajan ambil uang di laci. Giliran untuk membeli bahan-bahan sablon/membayar gaji karyawan, uang tersebut tidak cukup/kurang, akhirnya kelabakan dan cari pinjaman sana sini. Sebenarnya sih pengusaha itu untung, tetapi karena tidak pernah dicatat dan pengambilan uangnya sembarangan bukannya untung yang didapat, melainkan rugi. Kalau kejadian tersebut berulang-ulang, bulan demi bulan, maka dipastikan usaha tersebut tidak akan berkembang bahkan akan mengalami kebangkrutan.


Perencanaan Keuangan untuk Pengusaha Kecil Menengah tersebut harus meliputi:

  1. Cash Flow Positif
Berbicara mengenai suatu usaha adalah mengenai untung dan rugi. Kalau hasil penjualan dikurangi biaya produksi dan biaya-biaya perusahaan adalah positif maka perusahaan tersebut untung, dan kalau hasil negatif maka rugi. Untuk membuat perencanaan keuangan perusahaan, maka Cash Flow harus positif, sehingga merencanakan keuangan selanjutnya lebih mudah. Bagaimana kalau Cash Flow perusahaan tersebut Negatif / rugi? Yang harus dilakukan adalah menekan biaya produksi/biaya yang lain lebih kecil dari pemasukan.

  1. Dana Darurat / Emergency Fund
Keberadaan Dana Darurat / Emergency Fund sangat penting bagi Usaha Kecil Menengah. Dana darurat ini untuk mengantisipasi apabila dalam beberapa hari/bulan tidak mendapatkan order; ada karyawan yang masuk rumah sakit karena kecelakaan, ada order yang cukup besar.

  1. Proteksi Pendapatan (Asuransi Jiwa)
Proteksi terhadap pendapatan atau dengan kata lain proteksi terhadap pengusaha yang menjadi sumber penghasilan keluarga adalah suatu hal yang perlu direncanakan terlebih dahulu, sebelum kita masuk kepada perencanaan kebutuhan keuangan lainnya.
      Seperti halnya dana darurat, asuransi jiwa adalah merupakan sebuah cara yang perlu dipersiapkan dalam mengantisipasi resiko kehilangan sumber penghasilan yang disebabkan oleh kematian atau terjadinya ketidakmampuan total akibat kecelakaan atau sakit pengusaha tersebut yang menjadi sumber penghasilan utama dalam keluarga. Apalagi kalau pengusaha tersebut mempunyai banyak ide yang berguna dalam usahanya, harus diasuransikan.

  1. Proteksi Terhadap Tempat Usaha
Pelimpahan resiko kepada pihak perusahaan asuransi terhadap tempat usaha juga sangat penting sekali. Ini mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya terjadi pencurian, kebakaran dan huru hara. Jangan sampai terjadi setelah kebakaran yang menghabiskan seluruh tempat usaha, stok barang dan barang jadi pengusaha tersebut jadi bangkrut. Ini harus dihindari..!!

  1. Dana Pensiun
Mempersiapkan dana pensiun dalam perencanaan keuangan Usaha Kecil Menengah juga merupakan salah satu hal penting yang perlu direncanakan sejak awal. Karena sebagai pengusaha tidak ingin terus menerus bekerja, harus ada regenerasi. Beberapa alasan pentingnya perencanaan keuangan dana pensiun adalah:
  1.  
    1. Ketidakpastian fisik di masa yang akan datang
    2. Ketidakpastian ekonomi di masa yang akan datang
    3. Tingginya biaya hidup nanti
    4. Ekspektasi kehidupan lebih panjang dari saat ini

  1. Diversifikasi Usaha
Apabila semua perencanaan di atas sudah dilaksanakan, maka perluasan usaha/penambahan usaha boleh dilakukan. Meskipun lambat yang penting aman. Dengan demikian perencanaan keuangan Usaha Kecil tersebut kuat, sehingga, kalau terjadi resiko terhadap usaha tersebut, enggak terlalu panik.

      Demikian tahapan-tahapan yang perlu dilakukan dalam perencanaan keuangan untuk UKM. Pelaksanaan tersebut sekali lagi tergantung kedisiplinan individu. Membuat perencanaan keuangan lebih kecil resikonya dari pada tidak merencanakan sama sekali. Planing Or Nothing….!!!

Rencana Bidang Produksi

Rencana Bidang Produksi

Didalam rencana bidang pemasaran, terdapat langkah-langkah yang harus dicapai dalam tujuannya, yaitu :

Rencana bidang pemasaran, dengan langkah-langkah:
- Penetapan target penjualan yang akan dicapai
- Penetapan sasaran pasar yang dituju
- Langkah-langkah kegiatan pengembangan pasar
- Penetapan strategi pemasaran yang dijalankan
- Kegiatan pengembangan sarana dan prasarana bidang pemasaran
- Analisa biaya dan kebutuhan dana
Rencana Pemasaran adalah sangat rinci, sangat diteliti dan, mudah-mudahan laporan, baik tertulis bahwa di dalam banyak dan mungkin di luar organisasi akan mengevaluasi.Ini adalah dokumen penting bagi kedua departemen pemasaran besar perusahaan dan untuk perusahaan startup. Pada dasarnya Rencana Pemasaran:
  • memaksa tenaga pemasaran untuk melihat secara internal dalam rangka memahami sepenuhnya hasil keputusan pemasaran masa lalu.
  • memaksa tenaga pemasaran untuk melihat eksternal dalam rangka untuk memahami pasar di mana mereka beroperasi.
  • menentukan tujuan-tujuan masa depan dan memberikan arahan bagi upaya pemasaran mendatang bahwa setiap orang dalam organisasi harus memahami dan mendukung.
  • adalah komponen kunci dalam memperoleh pendanaan untuk mengejar inisiatif baru.

Rencana Bidang SDM dan Manajemen

Rencana Bidang SDM dan Manajemen

Manajemen jSDM di dalam proyek didasarkan pada
kemampuan :
  •  Leading
  •  Communicating
  •  Negotiating
  •  Problem solving
  •  Influencing
Manajer proyek bertanggung jawa untuk memotovasi anggota dalam penyelesaian sebuah proyek seoptimal mungkin.
Tanggung jawab Manajemen SDM proyek menjadi tanggung jawab bersama

Dalam perencanaanbidang SDM dan mananjemen dapat dilakukan dengan :

  • Mengidentifikasi orang-orang yang terlibat dalam
proyek berkaitan dengan aturan proyek, tanggung jawab dan pelaporan
dalam tem proyek
  •  Perencanaan organisasi berhubungan dengan internal


1. Perencanaan bidang organisasi, yang terdiri dari: - Rencana penyehatan organisasi
- Rencana pengembangan organisasi

2. Perencanaan bidang SDM, yang terdiri dari :
Perencanaan kebutuhan SDM, yang mencakup :
- Kebutuhan jumlah (kuantitas)
• Yang dibutuhkan
• Yang tersedia
• Sumber pengadaan

- Pengalokasian kebutuhan SDM
- Kualifikasi yang dibutuhkan
Perencanaan peningkatan hubungan antar manusia(HAM) :
- Perbaikan sistem komunikasi
- peningkatan motivasi kerja
- Perencanaan pengembangan sistem karir
- Perencanaan perbaikan penilaian hasil karya
- Perencanaan perbaikan sistem balas jasa

manajemen hubungan pelanggan

Manajemen Hubungan Pelanggan

Manajemen Hubungan Pelanggan (bahasa Inggris: Customer Relationship Management disingkat CRM) adalah suatu jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan di mata para pelanggannya.
Pengertian lain mengatakan bahwa ia adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi. CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service).

Sasaran dan Tujuan

Sasaran utama dari CRM adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan. CRM bertujuan untuk menyediakan umpan balik yang lebih efektif dan integrasi yang lebih baik dengan pengendalian return on investment (ROI) di area ini.
Otomasi Tenaga Penjualan (Sales force automation/SFA), yang mulai tersedia pada pertengahan tahun 80-an adalah komponen pertama dari CRM. SFA membantu para sales representative untuk mengatur account dan track opportunities mereka, mengatur daftar kontak yang mereka miliki, mengatur jadwal kerja mereka, memberikan layanan training online yang dapat menjadi solusi untuk training jarak jauh, serta membangun dan mengawasi alur penjualan mereka, dan juga membantu mengoptimalkan penyampaian informasi dengan news sharing.SFA, pusat panggilan (bahasa inggris:call center) dan operasi lapangan otomatis ada dalam jalur yang sama dan masuk pasaran pada akhir tahun 90-an mulai bergabung dengan pasar menjadi CRM. Sama seperti ERP (bahasa Inggris:Enterprise Resource Planning), CRM adalah sistem yang sangat komprehensif dengan banyak sekali paket dan pilihan.
Merujuk kepada Glen Petersen, penulis buku "ROI: Building the CRM Business Case," sistem CRM yang paling sukses ditemukan dalam organisasi yang menyesuaikan model bisnisnya untuk profitabilitas, bukan hanya merancang ulang sistem informasinya.
CRM mencakup metoda dan teknologi yang digunakan perusahaan untuk mengelola hubungan mereka dengan pelanggan. Informasi yang disimpan untuk setiap pelanggan dan calon pelanggan dianalisa dan digunakan untuk tujuan ini. Proses otomasi dalam CRM digunakan untuk menghasilkan personalisasi pemasaran otomatis berdasarkan informasi pelanggan yang tersimpan di dalam sistem.

Fungsi-fungsi dalam CRM

Sebuah sistem CRM harus bisa menjalankan fungsi:
  • Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.
  • Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
  • Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan
  • Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
  • Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
  • Menangani keluhan/komplain pelanggan
  • Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
  • Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan